Please or Register to create posts and topics.

Cara Merawat TWS dengan Baik dan Benar

1. Jangan Simpan TWS di Tempat Lembap

TWS memang dilengkapi fitur tahan air, meski begitu janganlah membiarkannya basah dan kering dengan sendiri. Ini bisa membuat bagian dalamnya menjadi lembap dan rentan mengalami kerusakan. Mengantisipasinya, gunakan kain kering untuk mengeringkan bagian basah. Ingat, jangan simpan di tempat yang lembap dan dalam kondisi bagian masih basah. Tunggulah beberapa saat sampai benar-benar kering dan simpan di tempat sejuk.

2. Perhatikan Waktu Pengisian

waktu untuk mengisi TWS ketika pertama kali beli adalah selama 90-120 menit. Lalu, untuk pengisian berikutnya adalah sekitar 60 menit.

Pastikan saat diisi ulang kondiri TWS mati, dan simpan di kotak ketika tidak digunakan. Selain itu, jangan isi ulang sampai baterai benar-benar dalam kondisi kosong. Jadi, isilah ketika daya masih ada sekitar 15-10%.

3. Selalu Bersihkan Menggunakan Tisu

Saat membersihkan, gunakan tisu kering atau kain flanel. Pada bagian speaker bersihkan menggunakan cotton buds dan setetes cairan alkohol secara perlahan. Bila perlu, untuk penggunaan dalam waktu lama gantilah bantalan telinga agar suaranya kembali nyaring dan sempurna.

4. Hindari Penggunaan Sambil Tidur

Terutama tidur dengan posisi miring dan telinga pada posisi bawah. Sebaiknya, Anda tinggalkan kebiasaan ini. Sebab, selain dapat merusak pendengaran secara perlahan, juga membuat perangkat cepat rusak.

Hal ini karena earphone yang menempel di bagian telinga akan tertekan oleh tubuh Anda. Meski tidak rusak secara langsung apabila Anda lakukan secara terus menerus perlahan akan merusak komponen yang ada. Termasuk sensitivitasnya menyalurkan audio.

5. Hapus Koneksi Bluetooth Tak Perlu dan Jauhkan dari Router Wifi

TWS tetap awet Anda juga perlu mengecek kembali koneksi bluetooth yang ada pada perangkat. Bisa saja, earphone tersebut ‘kewalahan’ karena banyaknya jaringan yang ada untuk menyambungkannya. Jika ini terlalu dibiarkan, maka akan mengganggu sensitivitas koneksi.

Kemudian, agar koneksi tetap berjalan dengan baik cobalah untuk menghindari router Wifi. Spektrum Wifi terkadang hampir sama dengan earphone, inilah yang membuat sinyal koneksi menjadi terganggu.