Please or Register to create posts and topics.

Perbedaan RAM dan ROM

Anda perlu mengetahui tiga segi utama faktor pembeda tersebut. Pertama adalah mengenai segi bentuk, fungsi perangkat dan penyimpanan, hingga berapa besaran kapasitas yang ideal. Berikut ulasannya.

1. Bentuk RAM dan ROM

-->  RAM sendiri berbentuk chip yang dipasangkan pada smartphone. Biasanya, ditempatkan secara menyatu dengan sebuah prosesor utama atau System-on-Chip yang bertumpuk.

Sedangkan untuk ROM juga berbentuk chip. Hanya saja data yang disimpan akan tetap ada dan tidak terhapus meski perangkat dimatikan.

2. Fungsi Pada Perangkat

--> RAM memiliki fungsi sebagai media penyimpanan file maupun data pada smartphone secara temporer atau sementara (volatile). Dengan begitu, dapat meluncurkan aplikasi dengan cepat. Data yang ada pun tidak bisa disimpan permanan dan bisa terhapus jika tidak ada pasikan listrik saat perangkat dimatikan maupun baterai habis.

-->  fungsi ROM pun juga sama sebagai media penyimpanan file dan aplikasi. Hanya saja, pada ROM ini sifatnya permanen atau non-volatile. Jadi, data yang tersimpan tidak terhapus meskipun smartphone atau perangkat dimatikan. ROM pun memiliki partisi khusus pada media internal atau root yang bisa diisi mengunakan firmware pada sistem operasi dan memiliki sistem proteksi tersendiri.

3. Perbedaan RAM dan ROM dari Segi Kapasitas

--> kapasitas ROM lebih besar daripada RAM. Dengan kata lain, semakin besar kapasitas ROM di sebuah smartphone, maka hal itu juga semakin baik dan layak dipilih, misalnya 128GB. Namun, hal itu tergantung kebutuhan Anda.

--> Idealnya, untuk penggunaan smartphone yang standar dan aktivitas sehari-hari ukuran RAM 4GB sebenarnya sudah cukup. Namun, ada pula beberapa smartphone dengan spesifikasi khusus misalnya untuk hp gaming memiliki kapasitas cukup besar lebih dari 4GB yakni 8GB, 12GB, sampai 18GB. Semakin besar kapasitas RAM maka tenaga yang diperlukan juga besar dan itu bisa menguras daya baterai.